Kesalahan Kalibrasi Adalah Bagian dari Kesalahan Sistematis, Bagaimana Penjelasannya?

Kalibrasi adalah proses pengecekan dan penyetelan ketelitian suatu alat ukur dengan cara membandingkannya dengan suatu standar lainnya. Kesalahan Kalibrasi adalah ketika semua prosedural tersebut tidak berjalan dengan baik dan benar.

Kalibrasi ini mutlak diperlukan untuk menjamin ketelitian (consistent) pengukuran dengan instrumen lain. Hasil pengukuran yang tidak konsisten atau menyimpang dapat mempengaruhi kualitas produk dan dapat merugikan konsumen.

Proses Sistem Kerja dalam Kalibrasi

Kegiatan menentukan nilai kebenaran, memeriksa keakuratan alat ukur, dan menentukannya menurut standar nasional atau internasional adalah merupakan proses kalibrasi yang benar. Jika proses kalibrasi dilakukan dengan benar maka pasti hasilnya akan akurat.

Setiap sistem pengukuran memerlukan proses kerja penanganan yang tepat, agar sesuai tujuan dan stabil. Kalibrasi memiliki prosedur yang berlaku dalam hal prinsip dan persyaratan dasar antara lain:

  • Prinsip Utama

Hal pertama yang harus kamu ketahui saat melakukan prosedur kalibrasi adalah prinsip utamanya. Artinya, kamu perlu memperhatikan target pengukuran dan menguji standar pengukuran yang mengacu pada standar kalibrasi internasional.

Kemudian prinsip utama lainnya adalah, kamu harus memastikan tersedianya operator atau teknisi yang ahli dan handal. Terakhir, kamu perlu mengondisikan lingkungan sekitar dengan baik.

  • Syarat

Selain prinsip utama yang mendasar tersebut, ada beberapa syarat yang diperlukan. Hal ini juga dalam rangka menghindari kesalahan kalibrasi adalah dengan memenuhi persyaratan  menjalankan aktivitas kalibrasi sebagai berikut:

  • Standar referensi yang menjadi acuan kalibrasi dapat ditelusuri kembali ke standar nasional atau internasional.
  • Metode kalibrasi yang digunakan di tingkat nasional dan internasional diakui.
  • Kehadiran korektor terlatih dengan bukti akreditasi dari laboratorium yang terakreditasi pula.
  • Dilengkapi dengan alat kalibrasi premium atau non-destruktif.
  • Menghadirkan ruangan yang kondusif, sebagai tempat di mana proses kalibrasi akan berlangsung.

Jenis Kalibrasi

JENIS KALIBRASI

Jika kamu belum mengetahui jenis-jenis kalibrasi yang umum di masyarakat, penjelasan berikut ini bisa sangat membantu. Berikut ini adalah jenis-jenis kalibrasi ditinjau dari fungsi dan pengukurannya.

1. Kalibrasi Tekanan

Kalibrasi tekanan memainkan peran penting dalam berbagai industri yang menggunakan alat ukur untuk memantau kinerja dan keamanan proses, dan biasanya digunakan untuk mengukur tekanan gas dan tekanan minyak.

2. Kalibrasi Suhu

Kalibrasi suhu dapat dilakukan dalam lingkungan yang terkendali di semua proses di mana pembacaan suhu memainkan peran penting. Kalibrasi suhu hanya dapat dilakukan dengan membandingkan standar yang diketahui dengan probe yang diuji dalam lingkungan suhu yang konstan.

3. Kalibrasi Aliran

Pengukur aliran (atau sensor aliran) adalah instrumen uji yang digunakan untuk mengukur aliran, massa, atau volume aliran cairan atau gas secara linier atau non-linier.

4. Kalibrasi Pipet

Di laboratorium uji yang sering menggunakan instrumen ini, kalibrasi pipet sangat penting untuk hasil gambar yang akurat.

5. Kalibrasi Listrik

Kalibrasi listrik mengacu pada proses pemeriksaan kinerja peralatan yang mengukur atau menguji parameter listrik seperti tegangan, arus, resistansi, induktansi, kapasitas, waktu, dan frekuensi.

6. Kalibrasi Mekanis

Kalibrasi mekanis adalah pengukuran yang dapat dilakukan dengan instrumen yang relatif sederhana untuk mencatat perubahan dimensi pada suatu benda akibat keausan selama penggunaan.

Berdasarkan pembahasan kalibrasi di atas, kalibrasi merupakan kegiatan yang memiliki banyak keunggulan sebagai penguji untuk menjaga keakuratan alat ukur dan kualitas berbagai produk dan bahan baku.

Kesalahan Kalibrasi Adalah Ketika Terjadi Kesalahan Pengamatan dan Pengukuran

Kalibrasi adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan. Demi menjaga kualitas suatu benda baik mesin atau produknya, dari segi panjang, lebar dan tinggi. Pengukuran ini dilakukan untuk mendapatkan satu target tertentu.

Hal yang kerap dilakukan berulang, memiliki potensi kesalahan yang cukup besar, karena kuantitasnya juga besar. Kesalahan ini juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pengukuran manusia, cacat peralatan, dan kesalahan kalibrasi.

Apa yang Dimaksud dengan Kesalahan Kalibrasi?

APA YANG DIMAKSUD DENGAN KESALAHAN KALIBRASI

Kesalahan kalibrasi adalah kesalahan yang terjadi karena nilai skala tidak ditetapkan dengan benar saat menentukan dan melakukan kalibrasi (standarisasi). Kesalahan ini dapat menyebabkan kesalahan dalam membaca hasil pengukuran.

Hasil dapat terbaca lebih besar atau lebih kecil dari yang seharusnya. Untuk lebih merinci kesalahan dalam aktivitas kalibrasi, berikut tiga kesalahan utama yakni kesalahan umum, kesalahan acak dan kesalahan sistematik.

Ada perbedaan yang jelas dalam setiap faktor kesalahan pengukuran tersebut. Kamu bisa cukup mudah untuk mengidentifikasi nya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, berikut adalah tiga kesalahan pengukuran umum:

1. Kesalahan Umum

Kesalahan pertama yang merupakan bagian dari kesalahan kalibrasi adalah kesalahan umum. Pada dasarnya kesalahan yang sering terjadi adalah kesalahan yang disebabkan oleh keterbatasan faktor manusia dalam melakukan pengukuran.

Kesalahan umum disebabkan oleh kesalahan dalam membaca skala kecil dan kurangnya keterampilan dalam menggunakan alat ukur. Dengan demikian, kesalahan umum adalah kesalahan paling umum yang terjadi saat melakukan pengukuran.

Untuk memperbaiki kesalahan ini, orang yang melakukan pengukuran harus lebih berhati-hati dari sebelumnya. Periksa hasil pengukuran melalui alat, periksa penggunaan alat dan Ukuran alat tersebut.

2. Kesalahan Acak

Kesalahan acak adalah kesalahan yang terjadi diakibatkan fluktuasi kecil selama pengukuran berlangsung. Fluktuasi halus di sini terdiri dari beberapa penyebab, termasuk fluktuasi tegangan, pengukuran getaran tanah, kebisingan, radiasi, dan gerakan partikel udara.

Sesuai dengan namanya, kesalahan kalibrasi acak tidak selalu terjadi secara konsisten. Waktu kemunculan kesalahan ini termasuk sedikit. Ini adalah kesalahan yang jarang terjadi dibandingkan dengan faktor kesalahan lainnya.

Namun, itu masih merupakan kesalahan yang cukup mengganggu karena pengukurannya jelas tidak akurat. Perlu diperhatikan tidak hanya alat yang digunakan tetapi juga lingkungan sekitar karena berpengaruh besar terhadap proses pengukuran dan hasil pengukuran itu sendiri.

3. Kesalahan Sistematis

Kesalahan sistematis dalam pengukuran adalah kesalahan yang terjadi karena alat yang digunakan tidak mendukung. Selain itu, kesalahan sistematis dapat terjadi tergantung pada lingkungan sekitar peralatan yang digunakan.

Ada berbagai jenis kesalahan sistematis seperti kesalahan komponen instrumen, kesalahan titik nol, kerusakan instrumen, kesalahan paralaks, kelembaban, perubahan suhu ekstrim, dan kesalahan kalibrasi.

Tapi santai saja. Kesalahan kalibrasi yang merupakan bagian dari kesalahan sistematis ini masih bisa diatasi. Untuk mengatasi kesalahan ini, alat yang akan digunakan, diatur secara normal dan baik, sehingga hasil pengukuran akan akurat dan sesuai standar (kalibrasi).

Cara Menghindari Kesalahan Kalibrasi

CARA MENGHINDARI KESALAHAN KALIBRASI

Ada beberapa pendukung faktor kalibrasi agar terhindar dari kesalahan-kesalahan besar. Kamu bisa mencobanya dan menerapkannya dalam aktivitas kalibrasi yang akan kamu lakukan. Berikut beberapa faktor yang dimaksud:

  • Memeriksa dengan teliti semua benda yang akan diukur.
  • Baca hasil pengukuran sesering mungkin untuk memeriksa konsistensi.
  • Periksa hasil rekaman sebagai hasil baca.
  • Ulangi seluruh pengukuransecara mandiri guna memastikan kekonsistenan data.
  • Menggunakan rumus-rumus geometrik sederhana atau rumus aljabar guna memastikan kebenaran hasil ukuran. Misalnya saat melakukan pengukuran sudut pada sebuah segitiga, jumlah dari ketiga sudut segitiga tersebut sama dengan 180┬░.

Penutup

Pembahasan panjang di atas menyimpulkan bahwa kesalahan kalibrasi adalah bagian dari kesalahan sistematis yang mudah untuk diatasi. Kamu juga bisa melakukan beberapa tahapan yang membuat kamu terhindar dari berbagai kesalahan dalam aktivitas kalibrasi.

Baca juga :

Leave a Comment