Cara Kalibrasi Hematology Analyzer untuk Alat Kesehatan

Apa yang dimaksud dengan hematology analyzer? Apakah kamu sudah pernah mendengarnya sebelumnya? Pasalnya, alat ini digunakan dalam bidang kedokteran atau kesehatan. Dalam artikel ini kamu akan mengenal cara kalibrasi hematology analyzer yang tepat.

Dalam cara tersebut kamu pastinya harus berhati-hati dan menggunakan alat ini. Dalam sifatnya yang multifungsi sebenarnya alat ini adalah instrumen yang wajib ada di dalam klinik maupun rumah sakit. Jadi, perlu diperhatikan untuk cara kalibrasi dan menggunakannya.

Cara Kalibrasi Hematology Analyzer dan Penggunaannya

Seperti yang sudah disebutkan bahwa alat ini ada di bidang kesehatan dan biasa digunakan dalam pemeriksaan rutin Kamu tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya. Oleh sebab itu, lakukan beberapa langkah di bawah agar tepat saat menggunakan hematology analyzer, yaitu:

1. Kalibrasi Hematology Analyzer

Dalam perawatan dan kalibrasi sebuah hematology analyzer maka bisa digunakan untuk penggunaan alat yang terus akurat. Karena jika tidak dikalibrasi dengan baik dengan perawatan yang benar maka alat akan cepat rusak. Berikut adalah cara kalibrasi dan perawatan yang tepat, yaitu:

  • Penyimpanan pada kondisi yang tepat dengan diletakkan pada area yang kering dan datar.
  • Dibersihkan dari debu dan kotoran secara teratur dengan cara manual.
  • Menghindari penggunaan yang secara terus menerus selama 24 jam.
  • Menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk dan suhu yang stabil sehingga tidak terlalu ekstrim suhunya. Biasanya untuk suhu ruangan yang dibutuhkan sekitar 18 – 20 derajat celcius.
  • Menggunakan sampel yang tepat agar tidak merusak alat yang digunakan sehingga persiapan sampel harus dilakukan dengan cara mengencerkan bahan.
  • Melakukan pencucian dengan menggunakan larutan hipoklorit secara rutin setidaknya seminggu sekali.
  • Mengkonsultasikan hasil untuk mendapatkan kualitas data yang terjaga dan memastikan bahwa data tidak salah.

Jika alat hematology analyzer digunakan dengan tepat juga akan menjaga alat tersebut tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka yang panjang. Selain itu, alat ini sebenarnya bisa digunakan dengan waktu yang cukup lama.

2. Cara Menggunakan Hematology Analyzer

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipelajari setelah cara kalibrasi hematology analyzer adalah cara penggunaannya yang tepat. Dengan menggunakannya secara tepat maka akan membuat hasilnya lebih akurat. Jika Anda penasaran maka bisa melihat pada langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, hubungkan alat dengan listrik dengan menghubungkan kabel power.
  • Setelah itu, nyalakan alat dengan menekan tombol ON.
  • Kamu bisa melakukan pengecekan sampai dengan muncul tampilan menunggu pada display.
  • Lalu, alat akan siap digunakan.
  • Sebelum sampel darah dimasukkan ke dalam alat, pastikan untuk sampel pada tube sudah tercampur sempurna dengan antikoagulan dengan cara menghomogenkan.
  • Selanjutnya, kamu bisa menekan tombol whole blood yang terdapat pada layar dan tekan tombol ID agar sampel diurutkan dengan nomor sehingga tidak akan tertukar.
  • Lalu, pada bagian atas sampel bisa digunakan untuk membuka dan meletakkan sampel, jika sudah bisa klik RUN agar prosesnya dapat berjalan.
  • Saat seluruh tahapannya sudah berhasil dilakukan maka hasilnya bisa dicatat terlebih dahulu.

Dalam cara yang perlu diperhatikan adalah dengan mengambil sampel darah yang telah tersimpan dengan baik dan tersimpan pada tube yang bersih. Selain itu, untuk cara ini pastinya akan menjaga sebuah kualitas dari sampel yang didapatkan.

Gunakan alat dengan tepat dan perawatan yang benar sehingga bisa awet dan tidak cepat rusak. Karena jika rusak maka harus membeli yang baru.

Dengan melihat beberapa cara kalibrasi hematology analyzer dan cara menggunakannya dengan baik dan tepat maka hasil yang didapatkan juga tepat. Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk cara yang dilakukan dalam hal menjalankan alat ini?

Baca Artikel terkait :

Leave a Comment